Wednesday, April 2, 2014

Manfaat Hewan Teripang Bagi Kesehatan

Manfaat Hewan Tripang Bagi Kesehatan

Hewan tripang memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai obat herbal dan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dimana jenis hewan tripang ini sudah menjadi mata pencaharian bagi para penduduk yang tinggal di pesisir pantai karena harga jual yang bernilai mahal. Dan ada beberapa jenis tripang dari seluruh Indonesia yang sudah diekspor keluar negeri untuk di manfaatkan sebagai bahan obat ataupun sebagai konsumsi.

Manfaat Hewan Tripang Bagi Kesehatan
Hewan Tripang atau biasa disebut sebagai gamat merupakan spesies yang hidup di laut. Tripang mempunyai banyak spesies, namun hanya beberapa spesies yang  dapat dikonsumsi,kurang lebihnya hanya 35 spesies dan salah satunya adalah tripang emas atau gamat dari spesies stichopus.

Beberapa penelitian mengungkapkan Tripang atau Gamat dari spesies stcihopus dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti omega 3, mineral, Active element dan Protein. Hewan ini juga memiliki manfaat sebagai obat herbal oleh masyarakat tradisional china seperti mengurangi rasa sakit persendian serta membantu memperlancar sirkulasi darah didalam tubuh. Masyarakat Cina menyebut Tripang atau Gamat emas sebagai ginseng laut yang dapat menjaga stamina tubuh.
Kandungan protein pada tripang dapat mencapai hingga 82% dan tentunya sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Nilai protein yang tinggi pada tripang mampu meregenarasi sel beta pankreas untuk meningkatkan produksi insulin. Hal ini diungkapkan oleh periset Bioteknologi LIPI dr.ir.m. Ahkam Subroto. m.app.sc.

Berikut manfaat hewan tripang berdasarkan nilai kandungannya

A.          Kandungan Kolagen mempunyai manfaat sebagai berikut:

  1. Membantu proses penyembuhan luka
  2. Menghindari terkena penyakit osteoporois
  3. Mencegah terjadinya penuaan dini.
  4. Sangat Berguna untuk paru-paru
  5. Mengatasi masalah lambung seperti penyakit maag.

B.           Kandungan Protein Asam Amino
Terdapat 9 asam amino esensial dan 18 asam amino yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan sel-sel tubuh. Selain itu zat arginin yang terdapat pada hewan tripang mampu membentuk enzim dan antibodi bagi tubuh.

C.           Kandungan Protein Lektin
Protein lektin dapat melawan virus yang menyerang sel dengan aktif, protein ini dipercaya sebagai anti kanker

D.          Kandungan Omega 3 dan Omega 9 mempunyai manfaat sebagai berikut:

Ø  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Ø  Menghasilkan nutrisi penting bagi otak dan jantung
Ø  Meningkatakan konsenterasi dan daya ingat
Ø  Membantu proses pengendalian tekanan darah dan lemak darah

Masih banyak Manfaat hewan tripang bagi kesehatan tubuh, sehingga para pakar kesehatan menjelaskan hewan tripang ini memiliki manfaat penyembuhan serta pencegahan pada hampir semua jenis penyakit dan merekomendasikannya sebagai obat herbal alternative.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment