Friday, April 11, 2014

Manfaat Ular Kobra Bagi Kesehatan

Manfaat Ular Kobra Bagi Kesehatan

Manfaat Ular Kobra Bagi Kesehatan

Walaupun banyak orang bilang ular itu berkhasiat, ternyata ular yang dipilih untuk dapat dikonsumsi bukanlah sembarang ular.Ular kobra sebagai salah satu jenis ular yang sangat ditakuti karena bisanya yang beracun. Secara garis besar bisa ular dikategorikan menjadi dua yaitu neurotoxin dan hemotoxin. Jenis neurotoxin merupakan racun yang mampu melumpuhkan sistem pernafasan dan merusak otak. Sedangkan hemotoxin merupakan racun yang merusak sel sel hingga darah menggumpal dan bisa mengakibatkan kematian,ternyata manfaat ular kobra untuk mengobati penyakit telah diyakini dalam ilmu pengobatan Cina sejak lama. Selain dagingnya, ternyata darah, empedu, dan tulang sumsum ular pun memiliki banyak khasiat. Manfaat daging ular korbra adalah dapat digunakan untuk terapi pengobatan penyakit kulit. Dari mulai jerawat, gatal-gatal, hingga penyakit kulit yang sulit disembuhkan seperti eksim. Darah dan empedu ular biasa digunakan sebagai ramuan obat berbagai macam penyakit dalam. Selain itu darah dan empedu ular juga dapat menyembuhkan penyakit kencing manis, lever, rheumatik,batuk asma, lemah jantung. Bahkan, darah ular cobra juga mampu mengatasi gangguan kesehatan mata dan menambah stamina.

Selain itu juga dibuat berbagai macam obat, seperti; kapsul dan salep. Darah dan empedu ular biasanya disajikan di cangkir kecil dicampur dengan arak dan madu. Jika ingin mengkonsumsi tulang sumsumnya, biasanya langsung diiris dan dicampurkan bersama segelas darah dan empedu tadi. ternyata memang ular lah yang paling banyak memiliki khasiat. Selain daging, darah, dan empedunya, bisa ular pun konon katanya dapat dimanfaatkan untuk penghilang rasa sakit, pengencer darah, pereda ketegangan otot, anti kanker, anti mikroba, anti kejang bahkan diteliti untuk anti-HIV.

Ada sekitar 20 jenis enzim pada bisa ular dan komposisi dari tiap enzim berbeda-beda tergantung dengan jenis ularnya. Bisa pada ular mengandung enzim yang berbahaya namun bisa pulsa berguna. Salah satu enzim yang terkandung di dalam bisa ular adalah proteinase yang bisa menyebabkan jaringan kulit serta otot korban mati dengan cepat. Menurut penelitian di Australia, dalam dosis tertentu enzim ini bisa mengobati kanker. Cholin esterase adalah salah satu enzim yang cukup populer. Enzim ini biasanya menyerang sistem saraf dan membuat otot menjadi kendur. Enzim ini bisa dipakai untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Salah satu organ ular yang biasa dijadikan obat adalah empedu ular. Empedu sendiri adalah kumpulan racun yang sudah dibekukan. Manfaat empedu ular kobra untuk meredakan panas, membuat kulit menjadi bagus, paru-paru menjadi bagus dan membuat jantung menjadi kuat.Selain itu, manfaat empedu ular kobra adalah bisa membuat tubuh menjadi kebal dari bisa ular kobra itu sendiri. Caranya adalah dengan memakan empedu ular kobra tersebut terlebih dahulu agar tubuh membentuk antibodi dari empedu ular tersebut.

No comments:

Post a Comment